Type to search

Bogor Raya Home News Pendidikan

IPB Luluskan 1474 Ahli Madya Sekolah Vokasi

Share

BOGORUPDATE.COM – “Menanam padi di pagi hari; Hidup benar-benar penuh harapan; Melihat para wisudawan berdiri; Cocok menjadi pemimpin masa depan.” Pantun tersebut menjadi pembuka sambutan Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dalam Sidang Terbuka Wisuda dan Penyerahan Ijazah Tahap II Program Pendidikan Diploma, Sekolah Vokasi, Tahun Akademik 2019/2020 di Grha Widya Wisuda Kampus IPB Dramaga, Bogor (5-6/11/19).

Hari wisuda ini ijazah diberikan kepada 1474 orang lulusan ahli madya dalam dua hari. Hari pertama terdiri dari 89 lulusan ahli madya dari Program Studi Manajemen Informatika; 113 lulusan ahli madya dari Program Studi Supervisor Jaminan Mutu Pangan; 74 lulusan ahli madya dari Program Studi Teknologi dan Manajemen Ternak; 119 lulusan ahli madya dari Program Studi Manajemen Agribisnis; 117 lulusan ahli madya dari Program Studi Manajemen Industri; 12 lulusan ahli madya dari Program Studi Teknik dan Manajemen Lingkungan; 127 lulusan ahli madya dari Program Studi Akuntansi; 70 lulusan ahli madya dari Program Studi Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan; 16 lulusan ahli madya dari Program Studi Produksi dan Pengembangan Pertanian Terpadu.

Hari kedua terdiri dari 109 lulusan ahli madya Program Studi Komunikasi; 93 lulusan ahli madya Program Studi Ekowisata; 108 lulusan ahli madya Program Studi Teknik Komputer; 2 lulusan ahli madya Program Studi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi; 2 lulusan ahli madya Program Studi Teknologi Industri Benih; 74 lulusan ahli madya Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya; 119 lulusan ahli madya Program Studi Manajemen Agribisnis; 104 lulusan ahli madya Program Studi Analisis Kimia dan 126 lulusan ahli madya Program Studi Akuntansi.

Dalam kesempatan ini, Rektor IPB University memberikan pesan penting bagi lulusan agar memiliki kemampuan menghadapi era Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity (VUCA). Menurutnya, kondisi VUCA ini menuntut kita untuk terus bergerak cepat dalam mengembangkan skill-skill baru dengan berorientasi pada masa depan yang kuat, memiliki mindset yang adaptif dan komitmen pada masa depan yang lebih baik.

Ketidakpastian itu harus dihadapi dengan bersikap fleksibel dan berkolaborasi dengan orang lain. Begitu pula menghadapi complexity, yakni dengan meningkatkan kemampuan complex problem-solving, data analysis, dan clarity. Ambiguity atau ketidakjelasan perlu diimbangi dengan mengembangkan inovasi-inovasi dan kritis menghadapi situasi yang ada.

“Pesan saya, teruslah menginspirasi. Karena dengan inspirasi kita membuka wawasan orang lain untuk bertindak, dengan inspirasi kita dapat terus-menerus membuat orang lain bekerja dan berpikir. Inspirasi merupakan modal untuk melakukan perubahan. Inovasi-inovasi yang telah dikembangkan IPB University ini saya harap menjadi inspirasi bagi kita. Inspirasi dengan kata-kata itu baik, tapi akan jauh lebih baik jika inspirasi tersebut berbasis pada karya. Dengan terinspirasi maka orang akan berinovasi. Inovasi akan berdampak pada tercapainya kemajuan ekonomi. Dengan kemajuan ekonomi kesejahteraan akan tercipta. Oleh karena itu saya terus berpesan untuk menghasilkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan jaman dan bermanfaat bagi masyarakat dan negara. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW, bahwa manusia terbaik adalah yang dapat memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi orang lain,” ujarnya.

Selain berpesan untuk mencintai orang tua, Rektor IPB University juga mengingatkan pada para lulusan untuk mencintai almamater. Hingga wisuda pada tahap ini, IPB University telah memiliki 162.535 orang alumni.

Keberadaan alumni memiliki peran strategis dalam membangun bangsa dan negara dan membangun IPB pada khususnya yang mencerminkan hasil pendidikan selama belajar di IPB. Alumni IPB yang sudah masuk ke dunia kerja, ataupun profesional terkenal sangat baik, berprestasi, ulet, dan mau bekerja keras.

“Saya sangat mengharapkan agar Alumni IPB University dapat terus meningkatkan dan mengembangkan kerjasama yang telah ada untuk kemajuan almamater. Teruslah menyebarkan semangat sumpah pemuda. Mari bersama kita tunjukkan kebhinekaan yang ada di Kampus IPB University. Mari bersama kita bersatu untuk kemajuan almamater dan bangsa ini. Ciptakan foot print yang dapat bermanfaat untuk orang lain,” tegasnya.

Selain itu dosen IPB University dari Fakultas Ekologi Manusia ini juga mengingatkan untuk mendownload aplikasi IPB Mobile for Alumni dan mengisi fitur tracer study. Hal ini akan memudahkan IPB University untuk menelusuri data alumni Sekolah Vokasi dan menganalisis performance lulusan dan umpan balik terhadap proses pembelajaran. “Sebanyak 74 persen lulusan Sekolah Vokasi sudah bekerja paling lama tiga bulan setelah dinyatakan lulus,” ujarnya.

Lulusan terbaik pada wisuda tahap ini terdiri dari sepuluh program studi. Yakni Oktaviansyah lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Manajemen Informatika, IPK 3,88, Predikat Dengan Pujian; Assyifa Restu Putri lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Supervisor Jaminan Mutu Pangan, IPK 3,88, Predikat Dengan Pujian; Boby Dwi Mahendra lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Manajemen Agribisnis, IPK 3,97, Predikat Dengan Pujian; Luky Puspasari lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Manajemen Industri, IPK 3,96, Predikat Dengan Pujian; Xennda Afrihana lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Akuntansi, IPK 4,00, Predikat Dengan Pujian; Muhamad Suganda Wijayanto lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan, IPK 3,87, Predikat Dengan Pujian; Finna Fazriani P. lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Ekowisata, IPK 3,95, Predikat Dengan Pujian; Muhammad Faisal Akbar lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Teknik Komputer, IPK 3,97, Predikat Dengan Pujian; Wowo Supriyantoro lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya, IPK 3,96, Predikat Dengan Pujian; Alifiya Cahaya Septisya lulusan ahli madya terbaik dari Program Studi Analis Kimia, IPK 3,93, Predikat Dengan Pujian. (YDI/Zul)

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Humas IPB

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: