Type to search

Home Otomotif

Ini Dia Toyota e-Racer, Mobil Super Kencang yang Sulit Dimengerti

Share

 

BOGORUPDATE.COM – Saat melawat ke booth Toyota di Tokyo Motor Show 2019, ada satu mobil yang paling tidak kami mengerti. Inilah Toyota e-Racer, mobil kencang masa depan, yang merupakan wujud imajinasi para desainer Toyota. Tapi bukan sekadar imajinasi. Menurut Akio Toyoda, President Toyota, mobil ini adalah kuda balap. Pernyataan yang menimbulkan ungkapan spontan, “Hah? Maksudnya?”

 

Sebelum ada mobil, kuda memang sarana transportasi utama. Kini, kuda menjadi gaya hidup untuk balap. Atau binatang peliharaan yang mahal. Nah, e-Racer adalah mobil masa depan. Selain sebagai sarana mobilitas – yang (mungkin) bagi sebagian orang membosankan – ia sekaligus ‘kuda balap’ pemuas adrenalin.

 

“Kepuasan mengendarai kuda bisa melebihi berkendara mobil. Karena kuda dan pemilik mampu memiliki ikatan batin. Untuk yang biasa naik kuda, ini tidak bisa ditemukan di mobil,” kata Toyoda yang juga doyan balap.

 

“Melalui perkembangan teknologi AI (Artificial Intelligence), saya rasa mobil juga bisa berkomunikasi dengan pemiliknya, sekaligus saling mengerti.” Ya, lagi-lagi AI dikedepankan.

 

Tapi Toyota e-Racer punya satu senjata lagi yang disimpan: Augmented Reality (AR). Dengan menggunakan kacamata khusus, Anda bisa pilih lingkungan seperti apa yang dilewati, menutupi lingkungan aslinya. Contoh, Anda berkendara di tol Cipularang, tapi melalui AR, pemandangan di depan, samping, belakang bisa diganti jadi Autobahn, misalnya. Atau sirkuit Nurburgring dan sebagainya. Tentu terdengar berbahaya, tapi jangan lupa e Racer bisa bergerak otonomus. Jadi Anda tinggal nikmati saja. Inilah yang disebut sebagai pengendaraan yang menyenangkan, di luar performa.

 

Detail teknisinya tidak diungkap. Seperti sekencang apa mobil ini atau seberapa kuat penggerak elektrik di balik badannya. Tapi kami yang menyaksikan langsung, dibuat takjub dengan posturnya yang rendah dan lebar serta kokpit tandem beratap terbuka. Gazoo Racing rupanya punya andil dalam membentuk rupa e Racer yang agresif.

 

Secara desain memang terlalu kompleks. Dan kami yakin, tidak mungkin diproduksi. Mobil ini paling cuma jadi pajangan di museum Toyota. Atau jadi properti film. Tapi Augmented Reality-nya tersedia untuk mobil produksi Toyota/Lexus di masa mendatang. Seberapa canggihnya masih harus ditunggu.

 

Sarana pendukung lainnya, baju dan jok yang bisa Anda pilih warna serta bentuknya. Baju dan jok ini langsung tersedia sebelum berangkat dari rumah, secara virtual. Tentu, temanya sporty, seperti video di atas.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Oto.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: