Xpander Kena Recall di Vietnam, Ini Tanggapan Mitsubishi Indonesia

 

BOGORUPDATE.COM – Mitsubishi Motors Vietnam (MMV) lakukan recall 14.051 Xpander. Unit ini diproduksi di Indonesia antara 14 Agustus 2018 hingga 26 Agustus 2019. Problemnya, di pompa bahan bakar. Namun hingga saat ini, pabrikan di Indonesia belum menemui kendala serupa. Meski diproduksi di fasilitas yang sama. Presdir MMKSI pun memberi tanggapan kejadian ini.

 

“Kami tahu distributor Vietnam mengumumkan recall. Tapi di Indonesia kami tidak punya masalah yang sama. Dan MMKSI belum punya rencana recall di pasar Indonesia. Tetapi jika konsumen memiliki masalah yang sama (tidak berharap terjadi di Indonesia) kami dengan senang hati mendengarnya. Andai konsumen mengeluhkan itu kami langsung menanganinya. Di Mitsubishi, konsumen adalah prioritas dan kami mengutamakan keselamatan,” papar Naoya Nakamura, Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Tambolaka, NTT (3/10/19).

 

Penyebab pasti masalah masih terus ditelusuri. Penyelidikan menunjukkan, indikasi impeler plastik dengan kepadatan molekul rendah mengembang dengan mudah. Ini yang dapat menghentikan putaran pompa hingga menyebabkan mesin berhenti atau gagal saat mesin dinyalakan. Apakah spesifikasi peranti itu sama dengan produk di Indonesia?

 

Nakamura menjawab suplainya sama. Namun, ia tetap menunggu jawaban resmi dari Vietnam dan enggan berspekulasi soal perbedaan kualitas bahan bakar di sana. “Maaf kami belum bisa berkomentar lebih jauh. Ini di luar kompetensi MMKSI,” ucap dia.

 

Rencananya, Mitsubishi Vietnam melakukan penarikan kembali pada 1 Oktober 2019 hingga 30 September 2021. Perusahaan bakal mengganti pompa bahan bakar di semua kendaraan. Pelanggan diminta segera ke diler resmi untuk penanganan secara gratis. Penggantian itu diperkirakan memakan waktu 72 menit.

 

Untuk diketahui, semua kendaraan yang diproduksi setelah 26 Agustus 2019, dilengkapi dengan pompa bahan bakar baru. Menurut data angka dari Asosiasi Produsen Mobil Vietnam, Mitsubishi menjual 16.386 semua unit dalam delapan bulan pertama tahun ini. Mereka menggenggam pangsa pasar 8,5 persen, termasuk 9.904 Xpander. Dikabarkan, Small MPV juga ditarik kembali di Thailand dan Filipina.

 

Di luar isu ini, sebelumnya ada rencana Xpander bakal dibikin di Vietnam, selain Indonesia. Penjualan MPV keluarga meningkat di seluruh Asia Tenggara mulai 2017, bahkan sejak awal produksi. Xpander dijual buat pasar Vietnam pada Oktober 2018. Ia menjadi kontribusi utama penjualan. MMV menjajakan total 14.000 unit di sana dalam tahun fiskal 2018. Melonjak dua kali dari total penjualan tahun sebelumnya. Perusahaan memproyeksi, bisnis tetap berjalan dengan baik di sana.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Oto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.