Type to search

Home Kesehatan

Minum Kopi Saat Perut Kosong Sangat Berbahaya! Ini Alasannya…

Share

Foto ilustrasi (Net)

 

BOGORUPDATE.COM – Tiap orang punya cara masing-masing dalam menyambut pagi, salah satunya dengan ngopi. Namun sebaiknya, jangan minum kopi saat perut kosong karena kebiasaan bisa bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

 

Bagi beberapa orang, secangkir kopi pada pagi hari bisa menjadi penambah semangat sebelum memulai aktivitas. Namun, jangan coba-coba meminumnya saat sarapan. Ini alasannya!.

 

Bisa bikin mood berantakan

Tahu tidak, minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh. Hormon tersebut bertanggung jawab dalam mengatur respons kekebalan tubuh, metabolisme, serta respons stres.

 

Berdasarkan penuturan dari dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, kadar kortisol paling tinggi adalah pada pagi hari, setelah bangun tidur. Kadar hormon ini akan terus menurun, hingga kadarnya yang paling rendah adalah sebelum tidur pada malam hari. Jika Anda memompa tubuh dengan kafein ketika kortisol sedang berada di puncaknya (dalam keadaan perut kosong), Anda yang sudah stres bisa jadi makin stres. Pasalnya, kafein bekerja serupa dengan kortisol.

 

Konsumsi kafein sebelum sarapan justru dapat menghambat produksi serotonin yang merupakan neurotransmiter penyebab rasa senang. Sehingga, mereka yang minum kopi pada perut kosong bisa mengalami perubahan mood secara tiba-tiba.

 

Asam lambung bermasalah
Anda yang punya kebiasaan minum kopi saat perut kosong berisiko lebih besar untuk memiliki masalah kesehatan jangka panjang, apalagi mereka yang sudah memiliki penyakit mag atau GERD. Sebab, kopi dapat merangsang asam di dalam perut dan menimbulkan masalah pencernaan.

 

“Minum kopi dalam kondisi perut kosong akan memicu rasa begah, kembung, dan nyeri ulu hati. Hal ini terutama bagi Anda yang memiliki riwayat dispepsia atau sakit mag sebelumnya. Selain itu, jika Anda sudah mengalami tukak lambung, maka minum kopi akan memperburuk kondisi luka atau iritasi di lambung,” jelas dr. Sepriani.

 

Karena kopi dapat mengiritasi lambung dengan meningkatkan produksi asam, maka perut bisa mulas, serta dapat mengembangkan semacam bisul di lambung. Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang disampaikan oleh American Chemical Society mengungkapkan bahwa ada tiga zat dalam kopi yang menjadi penyebab nyeri perut, yaitu kafein, catechol, dan N-alkanoly-5-hydroxytryptamides. Ketiga zat tersebut bertanggung jawab atas peningkatan asam lambung pada sebagian orang.

 

Kafein pada kopi dapat melemahkan katup yang membatasi antara lambung dan kerongkongan, sehingga dapat menyebabkan refluks (kembalinya) asam lambung ke kerongkongan. Hal tersebut dapat mengiritasi kerongkongan, bahkan menimbulkan peradangan dan luka.

 

Tips minum kopi supaya perut tak bermasalah:

Minum kopi saat perut kosong tak cuma memengaruhi kondisi fisik saja, khususnya pencernaan, tetapi hal tersebut juga memengaruhi kesehatan mental. Kelebihan produksi asam dalam perut ternyata dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kegugupan, detak jantung meningkat, dan gemetar.

 

Dilansir dari KlikDokter, Supaya Anda terhindar dari efek tersebut plus agar perut tak bergejolak, dr. Reza Fahlevi memiliki tips minum kopi secara aman yang patut untuk dicoba.

 

1. Pilih biji dark roast
Biji kopi yang dipanggang lebih lama mengandung N-methylpyridinium(NMP) yang lebih banyak. Senyawa tersebut ini merupakan kandungan dalam kopi yang memiliki efek berlawanan dengan kafein dan catechol, sehingga dapat mengurangi risiko peningkatan asam lambung yang signifikan.

 

2. Pilih kopi decaf
Kopi decaf adalah kopi dengan kandungan kafein yang rendah. Kopi biasa mengandung sekitar 85 mg kafein per cangkir, sedangkan kopi decaf mengandung 3-15 mg kafein per cangkir. Jadi, kopi decaf lebih aman bagi lambung.

 

3. Pilih jenis kopi cold brew
Kopi cold brew tidak dibuat dengan air panas, melainkan dengan perendaman dalam waktu yang lama menggunakan air biasa atau dingin. Cara ini membuat kandungan zat iritan dalam kopi lebih rendah dibandingkan dengan cara penyeduhan biasa, sehingga lebih bersahabat dengan lambung.

 

4. Tambahkan susu
Konsentrasi kafein dan catechol juga dapat dikurangi dengan menambahkan susu.

 

5. Harus makan dulu sebelum ngopi!
Banyak yang mengalami nyeri perut hanya karena minum kopi saat perut kosong alias belum makan. Jadi sebaiknya, makan dulu sebelum minum kopi! Anda tak harus makan besar (nasi beserta lauk pauknya) sampai kenyang. Setidaknya makanlah biskuit atau makanan lainnya sebelum (dan sembari) minum kopi.

 

Itulah sejumlah alasan mengapa minum kopi saat perut kosong tidak disarankan, karena bisa berbahaya bagi kesehatan. Apalagi jika Anda sudah punya masalah pencernaan seperti mag atau GERD, atau sedang dalam kondisi stres berat atau depresi. Makanlah terlebih dulu sebelum ngopi, sehingga manfaatnya bisa lebih terasa dan kopi tetap bisa menjadi penyelamat Anda kala kantuk menyerang dan butuh konsentrasi tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Klikdokter.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: