Type to search

Bogor Raya Home Pemerintahan

Desa Bojongkoneng Maksimalkan Pembangunan Infrastruktur Melalui DD

Share

 

BOGORUPDATE.COM – Lancarnya aktivitas perekonomian tidak lepas dari infrastruktur yang memadai. Hal tersebut menjadi perhatian Pemerintah desa yang ada di pelosok negeri. Dengan digelontorkannya Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat untuk pemerataan pembangunan infrastruktur desanya.

 

Seperti Pemerintah Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, memanfaatkan Dana Desa (DD) 2019 pada termin pertama dengan merealisasikan pembangunan infrastruktur Jalan Lingkungan (Jaling) dan Jalan Desa.

 

“Pelaksanaan betonisasi Infrastruktur jalan dilakukan di 9 titik, diantaranya 3 titik jalan desa dan 6 titik jalan lingkungan dengan Pagu anggaran 303 Juta, “kata Pj Desa Bojongkoneng, Wahyudin, S.Ap, kepada Bogorupdate.com, Kamis (18/7/19).

 

Wahyu menambahkan, anggaran untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut menggunakan anggaran Dana Desa (DD) 2019 tahap 1 yang bersumber dari Pemerintah Pusat.

 

“DD tahap pertama ini kami realisasikan semua pada pembangunan jaling dan jalan desa. Adapun untuk volume salahsatu titik yang sudah terealisasi yakni di Kampung Pasir Ipis RT 01/04 RW 01 dengan volume Panjang 316 x 0,80 x 0,10 dengan besar Pagu Anggaran dalam satu titiknya sebesar Rp. 34.753.160.-,“ paparnya.

 

Terkait pengerjaannya, kata Wahyu, dikerjakan secara padat karya, yang ditunjuk tim pelaksana kegiatan (TPK) yakni sejumlah warga sekitar.

 

“Betonisasi jaling ini memang sepenuhnya dikerjakan oleh tenaga pelaksana yang ahli sesuai ditunjuk TPK dan melibatkan warga juga sebagai tenaga kerja sesuai Petunjuk teknis,“ bebernya.

 

Pengerjaan jaling ini, lanjut Wahyu menggunakan betonisasi berkualitas sesuai spesifikasi yang telah ditentukan dalam petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak)nya.

 

“Untuk memenuhi hasil yang maksimal, maka kualitas betonisasipun yang baik, tidak asal-asalan, begitu juga untuk volumenya. Disamping itu, kami juga mendapat pengawasan baik dari Pendamping Desa, RT, RW maupun pihak lain yang berwenang dalam pengawasan,“ tukasnya.(Cek)

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: