Type to search

Home Otomotif

Bentley Perkenalkan Mobil Listrik Konsep EXP 100 GT di Ultahnya yang ke-100

Share

 

BOGORUPDATE.COM – Bentley menghadirkan inovasi baru untuk merayakan hari jadi yang ke-100. EXP 100 GT, sebuah konsep yang menjadi basis Grand Tourer bertenaga listrik Bentley pada 2035. Tak hanya ramah lingkungan, ia diperkuat kemampuan otonom untuk memberikan penggunanya kenyamanan maksimal.

 

Menariknya, dilansir dari keterangan resmi, mobil konsep ini memakai berbagai material organik. Eksterior, misalnya, dilapisi cat yang terbuat dari sekam padi. Kemudian interior dibalut kulit buatan dari pabrik wine; karpet wol dari peternak di Inggris, dan katun untuk permukaan beberapa area kabin.

Tubuhnya dibentuk dari perpaduan aluminium dan fiber karbon, membuat bobotnya cukup ringan, 1.900 kg. Dimensinya cukup masif, panjangnya 5,8 meter dan lebar 2,4 meter. Desainnya sangat futuristik, dengan konsep dua pintu berukuran besar mencapai 2 meter. Ini memastikan pengendara dan penumpang memiliki visibilitas yang luas. Pintu juga dibuat agar membuka dengan gaya gunting, sehingga pengguna tak memerlukan tenaga banyak untuk mengakses kabin.

 

Wajah depannya lebih memukau lagi. Grille tampak dominan dengan desain yang begitu detail. Perangkat ini, ternyata merupakan kombinasi dari 6.000 LED yang dipisahkan garis tembaga tipis. Ia dipadu dengan penerangan utama berbentuk bulat bergaya klasik. Menariknya, grille ini dilengkapi fitur active air intake yang dapat membuka dan menutup, guna menyuplai udara ke motor penggerak dan baterai. Sekaligus menjadi penyalur angin yang memaksimalkan sisi aerodinamika.

 

Interiornya tak kalah modern dan elegan, sebagai mobil berkapasitas empat penumpang, kenyamanan benar-benar diperhatikan. Joknya dibuat pintar dan dapat mengikuti keinginan pengguna. Ia disematkan sensor biometri yang memonitor suhu, kondisi penumpang dan lingkungan, kemudian menyesuaikan agar didapat rasa nyaman optimal. Bentley juga menerapkan inovasi canggih untuk meningkatkan penerangan di dalam kabin. Atapnya dibentuk dari kaca khusus, yang diimbuhkan prisma untuk mengumpulkan cahaya dan diantarkan ke dalam menggunakan fiber optics.

Lantas bagaimana mesin penggeraknya? Setidaknya ada empat motor yang memberikan tenaga ke seluruh roda. Diklaim mampu menghasilkan torsi maksimal sebesar 1.500 Nm dengan kecepatan puncak 300 km/jam. Dari posisi nol ke 100 kpj, bisa ditempuh kurang dari 2,5 detik. Dengan performa sedahsyat itu, EXP 100 GT juga mampu menjelajah sejauh 700 km.

 

Angka ini terbilang cukup menakjubkan. Belum lagi pengisian daya yang cepat. Hanya dibutuhkan 15 menit untuk men-charger baterai dari posisi habis hingga 80 persen dengan fast charging. Sementara handling-nya dipastikan bakal selalu stabil, lantaran Bentley memasangkan Intelligent Pirelli yang permukaan bannya dapat beradaptasi dengan kondisi cuaca atau permintaan pengemudi.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Oto.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: