Home, Sport  

Prediksi PERSEBAYA vs BARITO PUTERA: Bajul Ijo Siap Jaga Tren Kemenangan

Sumber foto: Tribunnews.com

 

BOGORUPDATE.COM – Persebaya dijadwalkan menjamu Barito Putera dalam laga tunda pekan keempat Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/7/19) pukul 15.30 WIB. Tim tuan rumah dalam ambisi menjaga tren kemenangan.

 

Tim berjulukan Bajul Ijo itu mampu mencatatkan kemenangan beruntun dalam tiga pertandingan terakhir di Liga 1 2019. Masing-masing, saat menang 2-1 atas Borneo FC (23/6/2019), menumbangkan Persela Lamongan 3-2 (1/7/2019), dan menggasak Persib Bandung empat gol tanpa balas (5/7/2019).

 

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, menegaskan ingin meneruskan tren kemenangan itu dengan menaklukkan Barito Putera. Momentum kebangkitan timnya ini harus diteruskan setelah sempat terseok-seok di tiga laga awal.

 

“Kami ingin mengulang kesuksesan. Yang pasti, kami ingin terus meraih kemenangan, terutama di kandang. Pemain sudah pernah merasakan tidak berhasil meraih tiga poin di kandang, itu masalah besar buat tim,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

 

“Kami tidak ingin ada masalah lagi. Kami selalu berharap bisa memberikan yang terbaik. Kalau terpeleset lagi, sangat berisiko. Pemain kami akan berjuang sekuat mungkin kembali meraih tiga poin di kandang,” imbuhnya.

 

Masalah besar yang dimaksud oleh Djanur adalah saat timnya hanya bermain imbang 1-1 masing-masing saat menjamu Kalteng Putra (21/5/2019) dan PSIS Semarang (30/5/2019). Saat itu, suporter Persebaya, Bonek, memberikan kritik pedas kepada pemain dan manajemen.

 

Djanur memastikan motivasi timnya mengalahkan Barito Putera bukan karena tekanan dari suporter semata, melainkan timnya ingin terus melanjutkan hasil positif dan memanfaatkan status sebagai tuan rumah.

 

“Kemenangan itu pasti diharapkan oleh semua orang yang mencintai Persebaya. Kami sadar punya keinginan meraih kemenangan juga. Ini dikejar bukan karena tekanan, tapi keinginan semua pihak di Persebaya,” ujar pelatih berusia 50 tahun itu.

 

Di sisi lain, Persebaya punya catatan buruk saat menghadapi dengan Barito Putera di Liga 1. Dua kali bersua, semuanya pada musim lalu, tim berjulukan Bajul Ijo itu selalu takluk di tangan Laskar Antasari.

 

Persebaya, yang masih ditangani Angel Alfredo Vera, tumbang 1-2 saat menjadi tuan rumah di pekan ketiga Liga 1 2018. Berikutnya, Barito Putera mengalahkan Persebaya, di bawah arahan caretaker Sugiantoro, dengan skor 3-2 pada pekan ke-20.

 

“Waktu itu saya masih belum menjadi pelatih di sini. Saya tidak ingin mengingat catatan masa lalu. Kami bertanding di kompetisi yang lain tahun ini. Mudah-mudahan hasilnya berbeda dengan tahun lalu,” ucap Djanur.

 

Persebaya terbukti bisa mematahkan catatan itu. Musim lalu, mereka takluk 3-4 dari Persib Bandung di Stadion GBT. Terbaru, Persebaya mampu membalasnya dengan menang 4-0 atas di tempat yang sama, Jumat (5/7/2019). Hal serupa bisa terjadi dengan membalas kekalahan di kandang musim lalu saat menjamu Barito.

 

Sementara itu, pelatih Barito, Putera Yunan Helmi, menyebut laga kontra Persebaya bukan pertandingan yang mudah.

 

“Kami menjalani tiga partai tandang beruntun yang melelahkan. Kami sudah melewati dua laga dengan baik. Tapi, pertandingan dengan Persebaya kali ini paling berat. Kami akan berusaha menjaga konsistensi permainan agar stabil,” kata Yunan Helmi.

 

Dia mengungkapkan banyak perbedaan antara partai melawan PSIS dan Perseru Badak Lampung FC, dua laga tandang yang dijalani sebelumnya, dibandingkan Persebaya.

 

“Kami tahu tren dan motivasi pemain Persebaya sedang tinggi setelah mengalahkan Persib. Itu jadi pertimbangan saya juga. Belum lagi tekanan dari Bonek di pertandingan nanti. Tapi, kami akan menganggap pertandingan nanti seperti partai lainnya,” ujarnya.

 

Bagi Yunan Helmi, paling penting kesiapan pasukannya baik fisik maupun mental menghadapi tekanan nanti.

 

“Alhamdulillah, semua pemain dalam kondisi bagus dan siap tarung. Tak ada yang cedera atau akumulasi. Bagi kami tak ada pemain yang harus dijaga secara khusus. Semua pemain Persebaya bisa jadi ancaman bagi kami. Termasuk Amido Balde yang kemarin main gemilang,” ucapnya.

 

Yunan Helmi juga berharap Evan Dimas bisa menyingkirkan beban sebagai idola publik Surabaya.

 

“Saya tahu publik Surabaya mengidolakan Evan Dimas. Semoga dia tampil lepas. Tapi, saya belum pastikan apakah Evan Dimas main atau tidak,” tuturnya.

 

Prakiraan Susunan Pemain:
Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Novan Sasongko, Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Ruben Sanadi (belakang); Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Misbakus Solikin (tengah); Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchehr Jalilov (depan)
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

 

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper), Andri Ibo, Dandi Maulana, Donny Monim, Roni Beroperay (belakang), Lucas Silva, Paulo Sitanggang, Evan Dimas (tengah), Prisca Womsiwor, Rizky Pora, Samsul Arif (depan)
Pelatih: Yunan Helmi

 

Prediksi Bogorupdate.com:
Persebaya 55-45 Barito Putera

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Bola.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *