BI Bantah Soal Issu Penyederhanaan Rp 1.000 Jadi Rp 1

Foto ilustrasi

 

BOGORUPDATE.COM – Belakangan beredar kabar kalau akan ada penyederhanaan nilai mata uang rupiah atau redenominasi pada 1 Januari 2020. Kabarnya nilai rupiah dari Rp 1.000 akan menjadi Rp 1 dan hal tersebut membuat Twitter Bank Indonesia, @Bank_Indonesia dibanjiri pertanyaan dari netizen.

 

Banyak mention netizen yang mempertanyakan apakah pada 1 Januari 2020 sudah memasuki masa transisi perubahan Rp 1.000 jadi Rp 1. Menanggapi kabar tersebut, Bank Indonesia mengatakan bahwa kabar tersebut tidak benar.

 

BI menjelaskan bahwa program redenominasi masih dalam kajian beberapa lembaga terkait. “Pelaksanaan dari redenominasi Rupiah, saat ini masih dalam kajian beberapa lembaga terkait, untuk proses selanjutnya menunggu arahan dan kebijakan dari pemerintah lebih lanjut,” tulis penjelasan BI.

 

Pembahasan redenominasi rupiah sempat mengemuka kembali pada 2017 dimana pemerintah berencana memasukkan RUU Redenominasi atau RUU Penyederhanaan Mata Uang ke DPR. Namun hingga saat ini RUU tersebut tidak menjadi Program Legislasi Nasional (Prolegnas).

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | PMJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *