Pengunjung Wisata Ngalun di Kampung Warna Warni Merosot

Foto : Pengunjung wisata Ngalun di Kampung Warna Warni,  Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, kota Bogor .

 

 

BOGORUPDATE.COM – Pengunjung wisata Ngalun pada libur lebaran dan sekolah di Kampung Warna warni, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu.

 

Pengelola sewa ban Ngalun Jajang mengungkapkan pada pertama kali muncul pada tahun 2017 omset sewa ban yang disediakan oleh warga setempat itu bisa mencapai Rp 1 juta saat libur lebaran.

 

“Dulu pas awal omset bisa mencapai Rp 1 juta, kita sampai kewalahan melayaninya, sekarang cuma Rp 300 ribu,” ungkapnya, Kamis (13/06/2019) sore.

 

Dia menambahkan, disaat bukan momen liburan seperti pada akhir pekan jumlah pengunjung bahkan jauh lebih sepi. Jumlah ban karet yang disewa maksimal hanya sekira 10 hingga 20 unit ban.

 

“Kalau dulu saat akhir pekan bisa sampai 50 ban yang disewa, mungkin ya wisatawan khususnya anak-anak bosan juga karena disini cuma ngalun saja, tapi kalau soal sewa ban masih terjangkau cuma Rp 5 ribu per ban,” imbuh Jajang.

 

Ia berharap, kunjungan wisatawan ke kampung warna warni ini meningkat karena banyak warga seperti pedagang akan diuntungkan dengan kunjungan wisatawan.

 

Oleh karena itu dia berharap perhatian pemerintah setempat untuk ikut berupaya mengenjot kunjungan wisatawan karena sejauh ini wisata ini dikelola secara swadaya oleh warga setempat.

 

“Keinginan warga ingin ada peningkatan, karena kan banyak warga yang berdagang disekitar sini. Ini hasil sewa ban juga buat pemasukan khas warga yang juga dipakai buat merawat tempat wisata ini,” tandas Jajang. (Rie)

 

 

 

 

 

Editor : Refer

Leave a Reply

Your email address will not be published.