Tekuk Belanda 1-0, Portugal Juara UEFA Nations League

Foto pemain timnas portugal merayakan kemenangan atas Belanda dan jadi juara UEFA Nations League (foto:Net)

 

BOGORUPDATE.COM – Timnas Portugal mengunci gelar juara UEFA Nations League lewat kemenangan tipis 1-0 atas Belanda dalam pertandingan di Estadio Do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019) dinihari WIB.

 

Portugal mendominasi jalannya laga. Mereka lebih banyak melepaskan ancaman dibandingkan Belanda. Pada babak pertama ada sebanyak 12 percobaan.

 

Ada sebanyak 5 tembakan yang melenceng, empat tembakan lainnya mencapai sasaran. Tiga sisanya gagal mencapai gawang De Oranje karena diblok.

 

Percobaan pertama yang sampai ke tangan Jasper Cillessen dilepaskan oleh Bruno Fernandes pada menit ke-12. Jose Fonte menyusul kemudian dengan sundulan pada menit ke-28.

 

Usaha Fernandes dua menit berselang juga belum juga membuahkan gol. Percobaan jarak jauh Cristiano Ronaldo pada menit ke-41 juga belum membuahkan hasil.

 

Kembali dari kamar ganti, Ronald Koeman melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Quincy Promes untuk menggantikan Ryan Babel.

 

Perubahan ini membuat Timnas Belanda lebih berani keluar menyerang. Meski demikian, Memphis Depay cs. masih kesulitan membongkar pertahanan rapat tuan rumah.

 

Setelah terus-menerus gagal, Portugal akhirnya berhasil memecah kebuntuan ketika laga berjalan satu jam lewat tembakan Guedes meneruskan assist Bernardo Silva. Portugal memimpin 1-0.

 

Tertinggal satu gol membuat Belanda berupaya untuk bangkit. Sayang peluang yang didapat Memphis Depay dan Marten de Roon masig gagal membuahkan hasil.

 

Portugal sendiri juga sempat memperoleh peluang untuk menambah keunggulan lewat Nelson Semedo, tapi usahanya masih tak menghasikan gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Portugal pun menjadi hasil akhir laga ini.

 

Portugal kembali membahayakan gawang belanda lagi pada menit ke-80. Bruno Fernandes melakukan tendangan jarak jauh kaki kanan, masih aman di tangan Cillessen.

 

Hingga 10 menit sisa pertandingan tak ada lagi gol tambahan kendati ada beberapa peluang yang diciptakan Portugal atau Belanda. Portugal mengunci gelar juara UEFA Nations League dengan skor akhir 1-0. Ini menjadi gelar kedua mereka setelah Piala Eropa 2016.

 

Komposisi Pemain:
Portugal (4-3-3): Patricio; Semedo, Fonte, RĂºben Dias, Guerreiro; Danilo, William Carvalho (Neves 90), Bruno Fernandes (Moutinho 81); Bernardo Silva, Ronaldo, Guede (Rafa 75)
Pelatih: Fernando Santos

 

Belanda (3-4-3): Cillessen; Dumfries, Van Dijk, De Ligt, Blind; Wijnaldum, De Jong, De Roon (Luuk de Jong 81); Bergwijn (van De Beek 60), Depay, Babel (Promes 46)
Pelatih: Ronald Koeman

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Bola.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.