M Nuh, Mantan Mendikbud Terpilih Jadi Ketua Dewan Pers

 

BOGORUPDATE.COM – Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Mohammad Nuh terpilih sebagai Ketua Dewan Pers periode 2019-2022. Mohammad Nuh menggantikan Yosep Stanley Adi Prasetyo.

 

Dalam kegiatan serah terima jabatan tersebut sekaligus penetapan anggota Dewan Pers periode 2019-2022. Anggota Dewan Pers yaitu Arif Zulkifli, Hendry Ch Bangun, serta Jamalul Insan yang mewakili unsur wartawan. Ada pula nama Ahmad Djauhar, Agung Darmajaya dan Asep Setiawan dari perusahaan pers. Lalu Agus Sudibyo, Hassanein Rais, dan Mohammad Nuh mewakili unsur tokoh masyarakat.

 

Untuk susunan anggota Dewan Pers ini berlaku sejak ditetapkan pada 13 Mei 2019. Saat konferensi pers, Nuh mendorong media memperkuat fungsi edukasi.

 

“Ketika masyarakat semakin cerdas dan dewasa, dia tahu berita yang tidak beres, dia sudah punya self sensoring,” ujar Nuh di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/19).

 

Dia juga mengharapkan media menjalankan fungsi pemberdayaan terhadap masyarakat. Nuh meminta media menjadi pencerah di tengah rimba berita bohong atau hoaks.

 

“Karena saat ini berita itu macam-macam, dan pemikiran macam-macam, ada media yang bisa mencerahkan. Itu untuk memperkuat nasionalisme,” jelas Nuh.

 

 

 

 

 

Editor : Refer | Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.