Mantap! Dua Mahasiswa IPB Ini, Juara Analisis Data di Jambore Statistika 2019

 

BOGORUPDATE.COM – Dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menjadi Juara II dalam acara Jambore Statistika VIII 2019 di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (21-24/3). Dua mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa jurusan Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), yakni Ayu Nawang dan Silmi Hanifah. Keduanya berhasil meraih juara dalam salah satu rangkaian acara tersebut yakni Pekan Analisis Statistik.

 

Tahapan yang dilalui hingga ke titik juara pun tidak mudah, Ayu dan Silmi berhasil ke babak final dan harus menyelesaikan soal teori sebanyak lima butir dan melakukan presentasi dari hasil analisis yang telah mereka lakukan saat babak penyisihan online.

 

“Selama babak penyisihan, kami selalu melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Hasil analisis yang kami presentasikan di final babak kedua terkait Return of Assets (ROA) Bank Konvensional,” tutur Ayu.

 

Secara umum, data pada kasus yang dipilih oleh Ayu terdapat beberapa variabel, diantaranya ROA Bank Umum Konvensional, Non Performing Loan (NPL), Current Account Saving Account (CASA) terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Umum, Modal Inti terhadap Aset Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) Bank Umum Konvensional, Loan to Deposit Ratio (LDR), Biaya Operasional dan Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Net Interest Margin (NIM). Data-data tersebut diperoleh melalui Bank Indonesia dari bulan Januari 2015 hingga Agustus 2018.

 

“Dari data-data tersebut, kami diminta untuk menganalisis statistika apa yang tepat untuk memberikan informasi bagi pihak Bank Indonesia, gambaran umum terkait Return on Assets (ROA) Bank Umum Konvensional, analisis lengkap menggunakan analisis statistika, serta interprestasi dan saran dari hasil analisisnya,” tambah Ayu.

 

Ayu dan Silmi menyarankan agar dilakukan peningkatan sistem penyaluran kredit dan pelayanannya, promosi layanan yang berkaitan dengan tabungan, serta fitur-fitur kemudahan seperti layanan mobile banking atau online banking. (NIN/Zul)

 

 

 

 

 

Editor : Refer
Sumber : Humas IPB

Leave a Reply

Your email address will not be published.