Ramai-ramai Kades Se-Kabupaten Melawi “Duduki” Desa Sukamanah, Ada Apa!

 

BOGORUPDATE.COM – Para Kades yang jumlahnya hampir ratusan orang menduduki desa Sukamanah, siang tadi (28/3/19). Ternyata mereka datang beramai-ramai itu untuk study banding.

 

Dalam sambutanya kepala Dinas BPMPD Kabupaten Melawi, Propinsi Kalimantan Barat diwakili kabid nya, Triwahyu mengatakan agar peserta belajar banyak manajemen dan tata kelola desa.

 

“Menyenangkan dan terima kasih atas sambutannya yang sangat baik. Saya rasakan suasana lain disini, 15 tahun dikabupaten Melawi ini baru saya alami. Sederhana tapi penuh makna kita rasakan ini iklim yang baik, kita harus belajar lebih banyak yang dilakukan PKK disini, kami berikan dedikasi yang tinggi, backmarking disini kita tentukan langkah apa yang sudah dan belum dilakukan,” katanya.

 

“Titik awal dan titik balik dalam penataan dapat kita contoh disini. Bagaimana manajemen desa yang sudah berjalan. Menggali potensi diri kami yang belum muncul, melihat dan bisa dilakukan. Desa kita di Melawi dapat melakukan hal sama bahkan lebih, manfaatkan moment ini secara efektif. Hal penting juga bagaimana administrasi desa bisa lebih rapi,” papar dia.

 

Dijelaskan Triwahyu bahwa dana untuk desa sudah teralokasi, jika tidak dimanfaatkan jangan sampai tenggelam begitu saja. Contoh dan lihat masa jabatan pak Ismail sudah sampai ketiga dengan semangat tinggi, ujar Triwahyu

 

Sementara itu, Kades Sukamanah, Ismail S.Ip, memberikan ekpose potensi desa dan manajemen BUMDES. “Saya asli putra desa ini, kini ada peluang dalam keputusan MK bahwa siapapun tidak terikat domisili dalam pencalonan. Undang-undang itu menjamin kesempatan seluas-luasnya untuk memabangun desa, tanpa harus melihat status tempat tinggal. Maka saya mendorong staf untuk tampil menyalonkan diri. Saya 20 tahun memimpin desa, ini tentu dengan dua dasar yakni undang-undang dan dukungan masyarakat,” urai Ismail yang juga Sekretaris Apdesi kabupaten Bogor. (Agusbagja)

 

 

 

 

 

Editor : Refer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *