Type to search

Home Sport

​Ini Dia, 10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Tahun 2019 Versi FORBES

Share

Foto Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, pemilik klub Manchester City

 

BOGORUPDATE.COM – Seiring perkembangan zaman, pengelolaan klub sepak bola modern mengalami banyak perubahan. Klub membuka keran investasi kepemilikan seluas-luasnya.

 

Pemilik klub tidak lagi dibatasi ruang. Seorang pengusaha asal China misalnya, amat memungkinkan jika ia jadi pemilik klub Inggris atau Italia.

 

Bisnis sepak bola yang mendatangkan keuntungan wah membuat banyak pengusaha kaya raya dari berbagai penjuru dunia getol melakukan investasi dengan cara membeli sebuah klub.

 

Tidak hanya sekedar membeli klub, pengusaha-pengusaha tersebut juga tak sungkan untuk mengeluarkan dana fantastis untuk mendatangkan banyak pemain bintang di setiap periode transfer.

 

Berikut adalah 10 pemilik klub sepak bola terkaya di tahun 2019 versi Forbes:

 

10. Zhang Jindong
Inter Milan sukses menjual 68,55% saham klub kepada perusahaan ritel raksasa asal China, The Suning Group pada 2016 silam. Saham itu memiliki nilai sebesar 270 juta Euro, atau setara dengan Rp 4,1 triliun.

 

Pemilik klub, Zhan Jindong diduga memiliki kekayaan yang mencapai 5,2 miliar poundsterling.

 

Di bawah kepemimpinannya, ​Nerazzurri juga memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat, sempat berada di peringkat tujuh klasemen sementara dan absen dalam beberapa edisi ​Champions League, kini skuat asuhan Luciano Spaletti berada di peringkat tiga dan di musim 2018/19 juga sukses kembali berlaga di Eropa.

 

9. Aiyawatt Srivaddhanaprabha
Peristiwa memilukan terjadi di dunia sepakbola di tahun 2018, Vichai Srivaddhanaprabha yang juga jadi pemilik Leicester City meninggal dunia karena kecelakaan helikopter pasca menyaksikan timnya bertanding melawan West Ham United, Oktober silam.

 

Kendati sang pemilik sudah meninggal dunia, hal tersebut tak lantas membuat The Foxes terbengkalai, sebaliknya klub yang sukses menjuarai ​Premier League pada tahun 2015/16 itu kini ditangani oleh putra kandung Vichai, Aiyawatt Srivaddhanaprabha.

 

Kekayaan pria asal Thailand ini diprediksi mencapai angka 5,93 miliar Dollar AS.

 

8. Robert Kraft
Sosok Robert Kraft sepertinya sudah tak asing lagi di dunia olahraga, dia memiliki klub National Football League (NFL) New England Patriots di tahun 1994.

 

Tak puas menguasai satu bidang olahraga, pria asal Amerika Serikat itu juga membentuk klub sepak bola, New England Revolution dua tahun berselang.

 

Kekayaan Kraft saat ini diprediksi sudah berada di angka 6,5 miliar Dolar AS.

 

7. Shahid Khan
Pengusaha asal Amerika Serikat nampaknya memang sudah mulai serius untuk mengepakkan sayapnya ke dunia sepakbola, selain Robert Kraft, pemilik klub NFL, Jacksonville Jaguars, Shahid Khan juga memutuskan untuk membeli Fulham pada tahun 2013.

 

Sayang setelah berhasil promosi ke​ Premier League pada tahun 2018-2019, The Cottagers gagal tampil konsisten dan bahkan sudah dua kali melakukan pergantian manajer karena terus berada dalam zona degradasi.

 

Kekayaan pria yang juga memiliki sedikit darah Pakistan itu diprediksi mencapai angka 6,8 miliar Dolar AS.

 

6. Stanley Kroenke
Stanley Kroenke atau yang lebih dikenal dengan nama Stan Kroenke memang bukanlah sosok yang asing lagi di dunia sepak bola, pria asal Amerika Serikat ini menjadi pemilik 70 persen saham Arsenal sejak tahun 2011.

 

Sebelum menguasai sebagian besar saham​ The Gunners, dia terlebih dulu menjadi pemilik klub NFL, Los Angeles Rams, Colorado Avalance yang tampil di kompetisi National Hockey League (NHL) serta National Lacrosse League (NLL) Colorado Mammoth.

 

Sayang meski kekayaannya mencapai angka 8,7 miliar Dolar AS, Kroenke termasuk pelit mengeluarkan dana untuk ​Arsenal di​ bursa transfer.

 

Bahkan pada periode transfer Januari silam, klub yang tengah dilatih Unai Emery itu juga hanya mendatangkan pemain baru dengan status pinjaman.

 

5. Philip Anschutz
Tak puas hanya memiliki klub ternama NBA, Los Angeles Lakers serta NHL (National Hockey League), Los Angeles Kings, pialang saham asal Amerika Serikat, Philip Anschutz juga memutuskan untuk membeli klub Major League Soccer (MLS) Los Angeles Galaxy.

 

Kekayaan pria yang kini berusia 79 tahun itu pun diprediksi mencapai angka 10,9 miliar Dolar AS.

 

4. Roman Abramovich
Sosok satu ini jelas sudah tidak asing lagi, Roman Abramovich memutuskan untuk membeli ​Chelsea dari Ken Bates pada tahun 2013.

 

Kedatangan Abramovich pun membuat ​The Blues kembali menjelma jadi tim kuat dan disegani, baik di Inggris maupun Eropa. Mereka pun sudah memenangkan berbagai trofi bergengsi seperti empat Premier League, lima FA Cup dan tentu saja dua gelar Eropa, Champions League dan Europa League.

 

Kekayaan pria asal Rusia tersebut diduga mencapai angka 12,4 miliar Dolar AS. Sayang, kini batang hidung Roman Abramovich sudah jarang terlihat di Stamford Bridge, pasalnya dia kesulitan masuk Inggris karena terkendala masalah visa.

 

Hal ini kemudian memunculkan kabar jika ​Chelsea tengah diminati oleh investor baru, yakni Sir Jim Ratcliffe yang juga merupakan pengusaha asal Inggris di bidang perminyakan. Dia juga memiliki klub sepakbola asal Swiss, Lausanne Sport.

 

3. Keluarga Agnelli
Memiliki ​Juventus sejak tahun 1947, sepertinya kita tak perlu merasa terkejut melihat keluarga Agnelli di dalam daftar ini. Keluarga Agnelli diduga memiliki kekayaaan yang mencapai angka 10,4 miliar poundsterling.

 

Hal ini sepertinya juga cukup dipengaruhi dengan strategi transfer yang mereka terapkan. Seperti diketahui, ​Bianconeri memang gemar mendatangkan pemain anyar secara gratis, antara lain Andrea Pirlo, Emre Can, Sami Khedira, dan terakhir Aaron Ramsey.

 

Tidak hanya berhasil mendatangkan pemain berkualitas secara cuma-cuma,​ Juve juga mengejutkan publik dengan memboyong​ Cristiano Ronaldo dari ​Real Madrid pada musim panas 2018 lalu.

 

2. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan
​Manchester City kini dikenal sebagai salah satu klub ternama, baik di Inggris maupun Eropa, hal tersebut tak lepas dari campur tangan sang pemilik klub, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan yang memutuskan untuk membeli ​The Citizens pada tahun 2008.

 

Tidak hanya menguasai City, pria asal Dubai, Uni Emirat Arab tersebut juga membentuk City Football Group dan memiliki klub Major League Soccer (MLS) New York City FC. Total kekayaan Sheikh Mansour diduga mencapai 17 miliar poundsterling.

 

1. Dietrich Mateschitz
Masih sama dengan tahun sebelumnya, Dietrich Mateshitz tetap menjadi pemilik klub sepakbola terkaya. Sebelum melebarkan sayap usahanya ke dunia sepakbola, pria asal Austria ini merupakan pendiri sekaligus pemilik Red Bull.

 

Klub sepak bola yang dia miliki adalah New York Red Bull, tak puas dengan satu klub, Mateschitz juga menjadi pemilik Red Bull Salzburg dan RB Leipzig.

 

Sebelum merambah ke dunia sepak bola, pria berusia 74 tahun ini terlebih dulu memiliki dua tim F1, Red Bull Racing dan Toro-Rosso Honda. Jumlah kekayaannya mencapai angka 17,8 milyar poundsterling atau 18,9 miliar Dolar AS.

 

 

 

 

 

Editor : Refer
Sumber: Bola.com, 90min

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: