Kemensos dan Tagana Gelar Pelatihan Kampung Siaga Bencana di Hambalang

 

BOGORUPDATE.COM – Sebagai upaya pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat, Kementerian Sosial (Kemensos) RI terus melakukan perluasan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di lokasi rawan bencana. Dengan melibatkan petugas Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Bogor, Seperti di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, Sabtu (23/03/2019).

 

Kasubdit penanganan bencana Kemensos RI, Iyan Kusmayadi, mengatakan kegiatan Kampung Siaga Bencana , merupakan salah satu upaya Pemerintah, untuk mendorong dan menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam rangka membangun kesiapan penanggulangan bencana, yang ada di wilayah Kecamatan, Kota/Kabupaten, Provinsi pada khususnya seluruh Indonesia.

 

“kegiatan ini untuk memfasilitasi Kampung Siaga Bisa (KSB) desa-desa yang berpotensi tingkat rawan bencananya tinggi,” katanya kepada bogorupdate.com, usai acara.

 

Iyan menjelaskan, adapun bentuk pelatihan yang dilakukan seperti ketrampilan tehnik pelaporan, evakuasi, menyusun pemetaan rawan bencana, pembuatan SOP, hingga praktek simulasi penanganannya.

 

Untuk giat KSB ini, Iyan mengaku sudah ke 6 kalinya di wilayah Kabupaten Bogor, 99 kali di Provinsi Jawa barat dengan keseluruhan pelatihan KSB sebanyak 640 kali tingkat nasional seluruh Indonesia.

 

“Saya harapkan dengan giat ini, mudah-mudahan dapat mengurangi resiko bencana dan masyarakat bisa berbuat positif di wilayahnya,” tukasnya.

 

Ditempat yang sama, Ketua TAGANA Kabupaten Bogor, H.Taupik menjelaskan jika pembentukan KSB  ke 6 kali yang ada di wilayah Kabupaten Bogor ini, dengan petimbangan bahwa wilayah tersebut, masuk dalam kategori kawasan beresiko bencana.

 

“Mudah-mudahan dari kegiatan ini, masyarakat yang mengikutinya, bisa sigap dan tanggap pada daerah rawan bencana terhadap perubahan alam yang ekstrim. Tentunya, dengan terbentuknya KSB Desa Hambalang maupun desa lainnya, antara pengurus dan Tim TAGANA akan merasa saling memiliki antara satu dan yang lainnya,” Papar Taupik.

 

Untuk diketahui, dalam acara  ini turut hadir Kasubdit penanganan bencana Kemensos RI Iyan Kusmayadi, ketua TAGANA Kabupaten Bogor H.Taupik, Pemerintah desa dan jajarannya hingga semua elemen masyarakat setempat. (Cek)

 

 

 

Editor : Refer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *