Oknum Guru SD di Bogor Legalkan Jual Beli Buku

 

BogorUpdate.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menegaskan, praktik jual beli lembar kerja siswa (LKS) yang dilakukan pihak sekolah dan biasanya bekerja sama dengan penerbit atau pihak ketiga lainnya merupakan pungutan liar (Pungli). Hal tersebut tertuang dalam aturannya bahwa jual beli LKS telah melanggar Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 75/2016 tentang Komite Sekolah Pasal 12 ayat 1.

 

Seperti di SDN 01 Ciluar salahsatu narasumber yang berinisial A, menyebutkan bahwa di sekolah tempat anaknya menimba ilmu ini adanya praktik jual beli buku yang diharuskan para walimuridnya untuk membelinya.

 

“Sebelumnya tidak ada rapat walimurid dan komite. Tapi, saya diharuskan beli sama komite kelas,” keluhnya kepada bogorupdate.com, Sabtu (11/01/2019).

 

Menurutnya, meski saat ini anaknya belum membeli buku LKS tersebut sepertu murid yang lainnnya, menjadikannya merasa bingung karena semua murid belajar menggunakan buku LKS tersebut.

 

“Setiap ada pelajaran di LKS anak saya bengong karena belum beli buku nya,” keluhnya.

 

Menanggapi hal ini, Kepala Sekolah (SD) Negeri 01 Ciluar, Ade Sobari membenarkan adanya praktik jual beli buku tersebut, tapi diakuinya sudah adanya kesepakatan bersama.

 

“Saya sudah memberi tahu kepada komite dan wali murid bahwa praktik jual beli LKS tersebut dilarang. Tapi saya harus bilang apa kalau itu semua sudah ada kesepakatan wali murid,” kilahnya.

 

Yani selaku Komite SDN 01 Ciluar saat ditemui awak media juga mengakui terkait praktik jual beli disekolah tersebut.

 

“Saya yang memperbolehkan, karena itu buat anak saya agar lebih pintar,” katanya dengan nada ketus.

 

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, TB. Luhtfi melalui pesan singkat whatsapnya menjelaskan bahwa dinas tidak mengijinkan adanya buku Lembar Kerja Siswa (LKS)/modul tersebut.

 

“Kalau sudah ada buku paket untuk apalagi buku LKS. Jadi, Gak usah beli mau kapan bacanya,” katanya singkat.(Cek)

 

 

 

 

 

 

Editor : Tobing

Leave a Reply

Your email address will not be published.