Ini Dia, 5 Makanan Enak di Suryakencana yang Akan Memanjakan Lidah Anda

 

BogorUpdate.com – Lokasinya di kawasan pecinan Bogor, menjadikan Jalan Suryakencana selalu ramai dengan penjual makanan. Apalagi saat akhir pekan. Yuk jajan di sini!

 

Jalan Suryakencana berada tak jauh dari Kebun Raya Bogor, selain bisa piknik seru di Kebun Raya, foodies juga bisa memanjakan lidah. Ada banyak makanan yang patut dicoba kala menyambangi Jalan Suryakencana.

 

Apa saja makanan menggoda yang patut dicoba? Berikut rekomendasinya.

 

1. Soto Kuning Pak Yusuf

Belum lengkap rasanya melintasi jalan Suryakencana tanpa mampir mencicip soto kuning Pak Yusuf. Kedai di pinggir jalan ini jadi salah satu ikon kuliner di jalan ini. Banyak orang rela datang dari jauh demi bisa menikmati semangkuk soto hangat berkuah kuning.

 

Seporsi soto kuning bisa dipilih isiannya sesuai selera, ada kikil, daging, otak, paru atau iso. Pelengkapnya ada perkedel hingga gorengan. Saking ramainya, pembeli makan di emperan toko dan di dalam mobil.

 

2. Asinan Jagung Bakar

Kalau bosan dengan asinan Bogor, cobalah asinan yang satu ini. Unik memang karena tampaknya asinan jagung bakar tak ada di tempat manapun selain di Jalan Suryakencana ini.

 

Sesuai dengan namanya, asinan ini berisi jagung bakar yang sudah disisir kemudian diguyur kuah asinan yang pedas asam kecut. Supaya makin mantap bisa tambah irisan mentimun, sambal dan kerupuk kuning.

 

3. Lumpia Basah

Kalau mencari camilan gurih khas Bogor, bisa cicip lumpia basah. Berbeda dengan lumpia Semarang yang digoreng renyah, lumpia Bogor punya tampilan dan rasa yang berbeda.

 

Selembar kulit lumpia dijadikan alas untuk isian yang cukup banyak. Isinya ada bengkuang, toge dan telur yang ditumis bersama bumbu. Paling enak dimakan hangat-hangat.

 

4. Toge Goreng Ibu Evon

Toge goreng merupakan makanan khas Bogor lainnya yang bisa dicoba saat melintas Jalan Suryakencana. Toge goreng ibu Evon atau Mak Evon bisa jadi pilihan.

 

Seporsi toge goreng ini berisi toge, mie kuning, potongan tahu dan kupat. Bumbu tauco bercampur oncom diguyur di atas campuran. Makin sedap lagi ditambah sedikit kecap manis.

 

5. Bir Kocok

Kalau di Jakarta ada bir pletok maka di Bogor ada bir kocok. Meskipun namanya bir, tapi minuman ini sama sekali tak mengandung alkohol kok.

 

Minuman ini persis wedang yang terbuat dari campuran jahe, kayu manis dan gula aren. Saat disajikan, penjual akan mengocok botolnya dulu hingga menghasilkan buih. Sluuurp! Segar dinikmati dingin dengan tambahan es batu.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.