Peringati Hari Pahlawan, Pontren Daarul Uluum Gelar Festival Pencak Silat

 

BogorUpdate.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018 juga dalam rangka Hari Santri, Perguruan Silat Sinar Kencana Pondok Pesantren (Pontren) Daarul Uluum Bantarkemang menggelar Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I.

 

Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I yang berlangsung di Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum, Jalan Durian Raya, Bantar Kemang, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (10/11/18) dibuka Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) I Jawa Barat, Dedi Haryadi.

 

Dedi Haryadi memberikan apresiasi kepada pimpinan Pontren Daarul Uluum juga kepada panitia penyelenggara yang telah menggelar event ini yang juga sebagai ajang silaturahmi.

 

“Pencak silat ini aset budaya bangsa, kami pun merasa bangga dan diharapkan membuahkan hasil dalam upaya melestarikan budaya dan mencetak prestasi generasi muda,” ujar Dedi.

 

Ketua Umum Perguruan Silat Sinar Kencana, Hasbullah mengatakan, Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I Pesantren Daarul Uluum ini digelar selama 2 hari, yakni 10-11 November 2018.

 

“Agenda ini kami selenggarakan sebagai ajang silaturahmi untuk seluruh perguruan Silat Sinar Kencana Se-Jawa Barat I, yaitu Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Sukabumi dan Cianjur,” kata Hasbullah.

 

Menurut Hasbullah dengan diselenggarakannya festival pencak silat ini sebagai bukti bahwa pencak silat itu dari zaman dahulu mengakar di lingkungan Pesantren, sehingga ia ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa tidak mungkin perjuangan kemerdekaan dilakukan oleh para pahlawan yang salah satunya dari pesantren.

 

“Inilah bukti bahwa memang pencak silat dari dulu sampai saat ini itu mengakar di lingkungan pesantren,” jelasnya.

 

Pada kesempatan itu juga Hasbullah menuturkan, Perguruan Silat Sinar Kencana siap bersinergi, baik dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Pemerintah Jawa Barat dan juga seluruh masyarakat yang ada untuk pengembangan seni budaya dan silat di Kota Bogor.

 

Hasbullah juga menyampai terima kasih kepada Joko Purwanto selaku anggota DPR RI yang mendukung penuh acara ini, sehingga bisa terselenggara dengan baik.

 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Suyitno mengatakan, pencak silat ini harus terus digalakkan dari tataran setiap pondok pesantren agar bisa mengisi persiapan Pospedawil (Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Daerah Wilayah).

 

Kabid PAUD DIKMAS pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Uju Juyono sangat mendukung Festival Pencak Silat Seni Tradisi Sinar Kencana Cup I yang dilaksanakan oleh Pesantren Daarul Uluum. Ia berharap kedepan pesertanya tidak hanya di lingkungan Pondok Pesantren tetapi bisa di tingkat sekolah formal dan non formal. (Rie)

 

 

 

 

 

Editor : Tobing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *