Segera Hadir, BMW 3-Series Touring dan M3 Touring

 

BogorUpdate.com – Setelah versi sedan, BMW bakal melanjutkan invasi 3-Series baru dengan versi Touring. Dari situ, M3 Touring punya kemungkinan juga ikut disajikan. Kemungkinannya tahun depan pada Geneva Motor Show, Maret 2019. Menurut situs Autocar UK, 3-Series dan M3 Touring terbaru bakal punya desain yang mengacu pada 5-Series Touring, khususnya bagian profil atap dan sudut tailgate.

 

Seperti G20 sedan, G21 wagon juga memakai arsitektur baru CLAR. Rangka kokoh fleksibel itu disesuaikan untuk mobil dengan penggerak roda belakang. Tujuannya, memakai rangka itu pada 3-Series baru, menjadikan lini compact BMW jadi yang paling dinamis di antara generasi lain 3-Series yang pernah ada.

 

Estate baru dari lini BMW 3-Series bakal punya kaca belakang yang bisa dibuka terpisah. Memungkinkan penyimpanan barang kecil yang lebih praktis, tanpa harus membuka seluruh bagian tailgate. Seperti dengan versi sedan, bagasi versi estate juga meningkat dibandingkan sebelumnya. Lini 3-Series Touring yang masih dijual punya daya muat bagasi 495 liter dengan kursi tegak. Sementara 3-Series baru versi sedan mengklaim kapasitas 480 liter. Sewajarnya versi estate menawarkan lebih dari 500 liter. Selain bagasi, ruang kaki, bahu dan kepala penumpang belakang juga meningkat.

 

Sektor jantung mekanis, versi estate juga bakal sama dengan versi sedan. Rentang pilihan dua mesin diesel dan satu bensin bakal diadopsi langsung oleh 3-Series Touring. Mesin diesel 4-silinder 2,0-liter mengalami upgrade berupa turbocharger multi-stage. Revisi ini meningkatkan output jadi 190 hp dan torsi puncak 400 Nm. Pilihan varian lebih banyak bakal diumumkan setelah diluncurkan dan dikirimkan ke konsumen.

 

Meski BMW tak pernah secara gamblang menyebut bakal menelurkan M3 Touring, ada pertimbangan dari pihak dalam untuk itu. Alasannya untuk menyaingi Audi RS4 Avant dan Mercedes-AMG C63 Estate. Biaya pengembangannya bakal lebih minim, memungkinkan manufaktur tak kesulitan kalau meluncurkan M3 dengan daya muat bagasi lebih banyak, khususnya bagi pasar Eropa. Sementara Amerika Serikat kecil kemungkinannya, karena pasar estate kurang menarik di sana.

 

BMW juga tidak akan melengkapi Touring dengan 3-Series GT. Malah 4-Series Coupe bakal diluncurkan tahun depan dan dijual 2020. Vesi atap terbuka, convertible bakal diluncurkan kemudian. Layoutnya kemungkinan masih sama dengan model yang dijual sekarang, dengan pengaturan atap keras yang bisa dilipat. Sementara versi baru dari model popular 4-Series Gran Coupe juga diharapkan lahir pada 2020. Platformnya bakal berbagi dengan BMW i4 Electric Saloon, yang rencananya lahir pada 2021.

 

 

 

 

 

 

Editor : Endi | Oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *