Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor Adakan Kegiatan Literasi di Desa Benteng

 

BogorUpdate.com – Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bogor yang sedang kuliah kerja nyata (KKN) mengadakan kegiatan literasi di desa Benteng, tepatnya di RT 02 RW 03, Kecamatan Ciampea, pada Minggu (12/08/18).

 

Deri Dwikurnia, ketua KKN desa Benteng, mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan dari kelompok lima yaitu kegiatan literasi adalah hasil kesepakatan forum bersama.

 

” Kami dari kelompok lima berinisiasi untuk mengadakan pagelaran kegiatan literasi di desa Benteng. Hal ini dikarenakan setelah kami lihat selama beberapa hari disini masyarakat ataupun anak-anak tingkat membacanya sangat minim jauh dari dikatakan maksimal. Kami berharap semoga kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat bisa membantu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya masyarakat desa Banteng, Ujar Deri kepada Bogorupdate.com, Minggu (12/8/18).

 

Hal senada diutarakan Iksan Awaludin, selaku koordinator acara. Menurutnya, kegiatan literasi atau bisa di katakan perpustakaan jalan sangat membantu masyarakat. Kata Iksan, bahwa KKN ini juga berkolaborasi dengan komunitas cinta baca (KCB).

 

” Dalam pagelaran kegiatan Literasi ini kita menggandeng atau berkolaborasi dengan KCB. Dimana, organisasi ini konsisten dalam arah juang literasi,” Ujar Iksan.

 

Masih kata Iksan, Kegiatan Pagelaran Literasi di Desa Benteng ini tidak hanya sekali ini saja. ” Insaallah selama kita KKN di desa Benteng, kegiatan literasi ini kita adakan, terbuka untuk umum tapi kita terfokus pada anak-anak muda yang bisa dikatakan akar rumput. Ketika kita korelasikan dengan keadaan kebangsaan kita hari ini jauh dari dikatakan sehat dan sejahtera. Maka dari itulah akar-akar rumput ini yang melanjutakan perjuangan untuk menuju indonesia yang sejahtera dan berkemajuan,” Pungkasnya

 

Menurut Iksan, di zaman yang sudah modern seperti saat ini banyak orang yang mendapatkan informasi dari internet dan seiring berkembangnya zaman, media online pun masuk kedalam ranah budaya, sehingga menggerus generasi muda untuk membaca dalam bentuk buku. Dalam hal ini saya dari komunitas cinta baca sangat bangga bisa berkolaborasi dengan mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah mengadakan kegiatan gelar buku di desa Benteng yang bertujuan untuk mengimbangi antara budaya online dan budaya baca dalam bentuk buku. Untuk target lebih ke anak karna anak jaman sekarang lebih banyak menggunakan gadgetnya. (Eft/Iks)

 

 

 

Editor : Tobing

Leave a Reply

Your email address will not be published.