Bima: Surabaya Menjadi Inspirator Kota Bogor Dalam Menata Kota

 

BogorUpdate.com – Saat menghadiri workshop penguatan tujuh indikator penilaian Lomba Bogorku Bersih di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Sabtu (11/08/18), Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan bahwa Kota Surabaya, Jawa Timur menjadi inspirator utama Kota Bogor dalam penataan kota dan kebersihan. Kolaborasinya sangat luar biasa

 

Pernyataan itu muncul setelah dirinya melaksanakan tugas kedinasan di Ibu Kota Jawa Timur tersebut. Ketika itu, katanya, ia melihat salah satu sudut gang yang sangat rapi dan langsung masuk ke kawasan permukiman tersebut. Kampung Lawas Maspati nama kampungnya.

 

“Saya kaget dan kagum luar biasa. Saya jalan disitu bersih sekali. Paving block-nya rapi, hijau dimana-mana, tidak ada sampah. Kemudian ada titik-titik yang menjadi sumber penghidupan warga. Ada yang produksi cincau, ada yang daur ulang sampah, dan itu menjadi destinasi favorit wisatawan,” cerita Bima.

 

Ia menyimpulkan, bahwa kultur dan kerapian di sana sudah sejak lama ada. Dari zaman Belanda, kampung tersebut sudah memiliki titik-titik heritage. Tetapi kemudian kultur yang ada di sana disentuh oleh pemerintah dan mulai ditata.

 

“Saya memimpikan Kota Bogor mempunyai kampung-kampung tematik yang seperti itu. Bukan saja indah dan cantik dilihat serta bersih, tetapi ada kultur warga di situ. Kulturnya, semangatnya, guyubnya luar biasa. Kesimpulan saya tetap satu, Surabaya itu inspirator utama terkait penataan kota dan kebersihan,” terangnya.

 

Melihat banyaknya peserta yang hadir pada workshop Bogorku Bersih, Bima yakin mereka yang hadir itu bukan lantaran penghargaannya. Tetapi ada kesadaran yang jauh lebih tinggi dari itu. Ada kultur yang semakin menguat, dan itulah utama semuanya menjadikan Kota Bogor menjadi lebih bersih, rapi, dan indah. (Rie)

 

 

 

Editor : Tobing

Leave a Reply

Your email address will not be published.