BPP HKBP Gelar “Grand Final Lomba Cipta Lagu Batak Nasional”

Entertainment – Bogor Update

Sebanyak 10 lagu Batak hebohkan ratusan penonton di Ballroom Hotel The Ritz Carlton Kuningan Jakarta, pada Jumat (17/11/17) malam.

Acara “Grand Final Lomba Cipta Lagu Batak Nasional” itu digelar untuk mencari potensi orang-orang Batak yang masih terpendam, serta menemukan permata-permata pencipta lagu Batak lainnya.

Ketua Badan Penyelenggara Pendidikan Huria Kristen Batak Protestan (BPP HKBP), Sukur H Nababan mengatakan, lomba lagu cipta Batak ini dalam rangka tahun pendidikan Huria Kristen Batak Protestan dan menjadi ajang satu kekuatan masyarakat Sumatera Utara, serta untuk peningkatan mutu generasi anak bangsa untuk mencapai kualitas berstandar nasional.

Turut hadir Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dan jajaran pemimpin HKBP sebagai pencetus ide Lomba Cipta Lagu Batak ini. Selain itu acara ini juga akan dihadiri oleh Ephorus Emiritus Pdt. Dr. SAE Nababan, Ephorus Emiritus Pdt. Dr. Bonar Napitupulu, Ephorus Emiritus Pdt. WTP Simarmata, MA.

Tokoh gereja tampak hadir dari berbagai kalangan seperti anggota DPR RI Maruarar Sirait, Sabam Sirait, Dr. Effendi Simbolon, Ir. Effendy Sianipar, Erico Sotarduga Sitorus, Martin Manurung, MA, Masinton Pasaribu, Adian Napitupulu, serta Ketua DPRD Prov. Riau, Kordias Pasaribu.

Sukur yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu mengatakan, pelaksanaan lomba cipta lagu Batak ini sudah berjalan sejak Agustus lalu.

“Kami menyadari betapa pentingnya lirik lagu batak yang bernuansa poda (nasihat), dalam kehidupan sehari-hari. Lagu-lagu ini merupakan bagian penting bagi hidup orang batak, dan warga gereja HKBP pada umumnya,” ujar Sukur dalam keterangan persnya.

Politisi batak ini mengatakan, orang Batak itu kebanyakan bisa menghafal lagu, menghayati liriknya, dan menggunakan lirik tersebut, dalam percakapan sehari-hari.

“Penyampaian pesan melalui lagu akan lebih mengena kepada masyarakat batak dalam membangun rasa persatuan dan kesatuan,” kata Sukur.

Lomba cipta lagu batak ini sudah masuk ke semifinal untuk menyeleksi 10 lagu terbaik dari 350 lagu yang masuk.

“Pada malam itu, kami juga akan memberi apresiasi kepada 21 pencipta lagu Batak yang telah berhasil mengubah karakter orang batak,” tuturnya. (Red)

 

 

Editor: Tobing

Sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published.